Kemendikbudristek Merilis Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Kemendikbudristek Merilis Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

- Guru Berbagi
2250

Upaya membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada tahun ajaran 2021/2022.

 

GTK, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) merilis Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022.

Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada tahun ajaran 2021/2022 serta meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran campuran (yang melibatkan PTM Terbatas dan PJJ) serta pembelajaran jarak jauh secara penuh.

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 dirancang untuk menjawab tantangan dan kompleksitas yang dihadapi guru serta satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang implementatif, adaptif, dan fleksibel dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah pada tahun ajaran 2021/2022.

Tujuan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

  • Membantu guru dan kepala satuan pendidikan dalam mendapatkan pemahaman yang utuh terhadap Panduan Pembelajaran PAUD DIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19.
  • Membantu kepala satuan pendidikan merencanakan pengelolaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada tahun ajaran 2021-2022.
  • Membantu guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran beserta jadwal belajar pada tahun ajaran 2021-2022.

Adapun serunya belajar bersama di program Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

Lebih Fleksibel
Anda bisa mengatur sendiri waktu belajar sesuai kesibukan masing-masing.

Lebih Mudah

Anda lebih mudah mempelajari konten pembelajaran yang telah dipecah menjadi unit belajar yang lebih kecil.

Lebih Kolaboratif
Anda bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan program.

Adapun tahapan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

Tahap 1

Bimtek

Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang pemahaman secara utuh Panduan Pembelajaran Pauddikdasmen di Masa Pandemi Covid-19 melalui beragam bentuk materi belajar; penjelasan intisari, interpretasi audio-visual, dan visualisasi infografis dari isi Panduan. Bimbingan Teknis akan terbagi menjadi dua modul, modul Kepala Sekolah dan modul Guru. Kegiatan bimtek dilakukan secara asinkron dengan tujuan membantu peserta mendapatkan pemahaman yang utuh terhadap Panduan Pembelajaran Pauddikdasmen di Masa Pandemi Covid-19 melalui visualisasi isi panduan beserta contoh dan studi kasus.

Tahap 2

Pengimbasan

Kegiatan asinkron yang bertujuan memfasilitasi peserta dalam menunjukkan pemahamannya terhadap materi Bimtek sekaligus mengajak sesama guru dan/atau sesama kepala satuan pendidikan untuk mengikuti program Bimtek.

Peserta adalah yang telah menyelesaikan Bimtek pada tahap 1. Pada pengimbasan, peserta membuat video manfaat panduan pembelajaran Pauddikdasmen dan menggunakan video tersebut untuk mengajak guru atau kepala satuan pendidikan lain untuk mengikuti Guru Belajar dan Berbagi seri Panduan Pembelajaran Pauddikdasmen 2021/2022.

Telah dikatakan melakukan pengimbasan ketika dalam satu satuan pendidikan telah berhasil mengajak Kepala Sekolah/Guru setiap jenjang untuk mengikuti seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 pada program Guru Belajar dan Berbagi, dengan ketentuan:

  1. PAUD = minimal 2 GTK
  2. SLB = minimal 3 GTK
  3. SD = minimal 5 GTK
  4. SMP/SMA/SMK = 7 GTK

Adapun yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

  • Meningkatnya pemahaman yang utuh bagi guru dan kepala satuan pendidikan terhadap Panduan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19.
  • Meningkatnya pemahaman kepala satuan pendidikan dalam merencanakan pengelolaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada tahun ajaran 2021-2022.
  • Meningkatnya pemahaman guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran beserta jadwal belajar pada tahun ajaran 2021-2022.
  • Memberikan pengalaman kepada guru dan kepala satuan pendidikan dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis secara daring.

Yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

  • Semua guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.
  • Kepala Satuan Pendidikan.
  • Telah memiliki Akun SIMPKB.
Waktu pendaftaran untuk Guru Belajar dan Berbagi Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 terentang pada 1 Juli s.d. 19 Agustus 2021.

Informasi lebih lanjut dapat disimak di laman: gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ atau https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-panduan-pembelajaran/.

Ayo guru belajar daring mandiri. Guru Belajar dan Berbagi setia hadir sesuai waktu belajarnya guru.

Headline

Kemendikbud Meluncurkan 'Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi'