Kemendikbudristek Meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi

Guru Berbagi By Sekretariat GTK 05 November 2021
7483
GTK, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan meluncurkan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi pada Jumat (5/11/2021).

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi adalah sebuah solusi untuk Anda yang ingin meningkatkan kemampuan Anda dalam Literasi (membaca dan menulis) dan Numerasi (Kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari).

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi adalah sebuah program dibuat untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seseorang agar memiliki kualitas hidup yang tinggi di dalam suatu masyarakat. Untuk itu harus dimulai dari peningkatan keterampilan literasi dan numerasi bagi para pendidik diantaranya adalah melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi.

Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan mampu menambah dan bahkan mendongkrak pengetahuan, wawasan, cara pandang, sikap dan perilaku kreatif, kritis, dan inovatif, serta kolaboratif para pendidik merespons tantangan kekinian. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para pendidik dari bimbingan teknis ini akan meningkat pesat apabila diimbangi keinginan dan kemauan yang kuat, dengan belajar mandiri yang dilakukan di luar bimbingan teknis. Apapun yang didapat akan bermanfaat penuh dan berdampak positif terhadap sesama pendidik jika dikembangkan dalam platform berbagi di antara pendidik.

Adapun tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi yaitu:

  • Meningkatkan kemampuan dasar literasi dan numerasi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.
  • Mampu mengaplikasikan kemampuan literasi dan numerasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri.
  • Meningkatkan kemampuan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam berpikir logis, sistematis dan di luar kebiasaan untuk memahami berbagai persoalan hidup, memecahkan kendala dan tantangan yang dihadapi, serta mengembangkan gagasan, potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Terdapat beberapa tahapan program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi yakni:

Tahap 0

Orientasi

Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar Program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi.

Tahap  1

Pelatihan

Pada tahap I peserta mempelajari materi mengenai konsep Literasi dan Numerasi. Peserta yang telah menuntaskan Tahap 1 dan mendapat skor atau nilai akhir paling sedikit 70% akan memperoleh sertifikat. Peserta yang telah tuntas pada Tahap 1 dapat melanjutkan ke Tahap 2 Pengimbasan.

Tahap 2

Pengimbasan

Pada Tahap 2 pengimbasan. Peserta melakukan pendalaman materi sesuai perkembangan peserta didik, dan berdasarkan mata pelajaran per jenjang pendidikan untuk guru Dikdas dan Dikmen dengan melaksanakan aktivitas berikut:

  • Merancang, menerapkan dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam literasi dan numerasi dasar.
  • Mengunggah dokumentasi praktik baik literasi dan numerasi di sekolah media sosial dan mengajak guru lain untuk mengikuti bimtek tersebut.
  • Mengisi laporan pengimbasan.
  • Menyematkan tautan dokumentasi pada Learning Management System (LMS).
 

Adapun yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi yakni:

Dengan adanya pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi, secara umum diharapkan dapat menghasilkan gambaran kegiatan dan program yang berisi miskonsepsi, konsepsi dasar, implementasi, dan praktik baik sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia. Adapun secara khusus hasil yang diharapkan dari kegiatan bimbingan teknis ini diantaranya:

  • Peningkatan keterampilan dasar literasi dan numerasi guru pendidikan dasar.
  • Peningkatan keterampilan dasar literasi dan numerasi kepala sekolah pada pendidikan dasar.
  • Peningkatan keterampilan dasar literasi dan numerasi pengawas sekolah pada pendidikan dasar.
  • Mewujudkan keberlanjutan proses pembelajaran berbasis literasi dan numerasi sesuai dengan tingkatan kelas di jenjang pendidikan dasar.
 

Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi? Berikut penjelasannya:

Sasaran program pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi adalah:

  • Guru
  • Kepala Sekolah
  • dan Pengawas Sekolah
pada jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat di Indonesia maupun guru yang berada di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terutama guru-guru di sekolah penggerak yang akan berperan sebagai peserta yang diharapkan mampu menjelaskan praktik baik tentang pengembangan aktivitas atau kegiatan yang mendorong peningkatan literasi dan numerasi di sekolah dalam bentuk artikel, video, infografis, dan lain-lain yang dapat menjadi inspirasi serta rujukan bagi guru di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman:
https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-literasi-dan-numerasi/

Ayo Guru Belajar Daring Mandiri

Guru Belajar & Berbagi setia hadir sesuai waktu belajarnya Guru

Bagikan artikel ini

Berita Terkini