Kemendikbudristek Meluncurkan Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Kemendikbudristek Meluncurkan Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

- Guru Berbagi
5316

Program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kemampuan nonteknis sebagai pendukung penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

 

 GTK, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meluncurkan Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi pada Jumat (18/6/2021) secara virtual. 

Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi merupakan program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kemampuan nonteknis sebagai pendukung penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Akselerasi teknologi dalam dunia pendidikan akan berdampak lebih besar jika diaplikasikan dengan cara berpikir kritis, komunikasi yang baik, kreativitas dan kolaborasi, atau yang juga dikenal dengan 4C (Critical Thinking, Communication, Creativity, Collaboration).

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi dirancang untuk memberikan solusi peningkatan kemampuan nonteknis (soft skills) bagi para guru dan tenaga kependidikan, sebagai pendukung akselerasi teknologi dalam kegiatan belajar mengajar saat ini.

Adapun tujuan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi yakni:

  • Mendukung program dan inisiatif Kemendikbudristek, seperti Guru Penggerak, Guru Belajar, Guru Berbagi, Merdeka Belajar dan pendidikan karakter, sekaligus membantu menciptakan program yang kreatif dan berkelanjutan dalam portal Guru Belajar dan Berbagi.
  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang penggunaan teknologi sederhana namun berdampak besar.
  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang kemampuan nonteknis (soft skill) pendukung penggunaan teknologi yaitu 4C (Critical thinking, Communication, Creativity,  Collaboration)
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan program pembelajaran secara daring dalam bentuk synchronous dan asynchronous.

Serunya belajar bersama di Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi yaitu:

Training Nonteknis
Belajar bersama pakar. Pelatihan langsung dari para pakar kemampuan nonteknis (soft skills).

Inspirasi
Berbagai cerita inspiratif dari tokoh masyarakat dan komunitas pendidikan.

Tips Praktis
Tips teknologi praktis yang berguna untuk kegiatan belajar mengajar.

Kolaborasi
Kegiatan untuk mempraktikkan materi dan berkolaborasi dengan seluruh peserta di Indonesia.

Sedangkan tahapan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Keterampilan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi terdiri dari:

Tahap 1 Pendaftaran
Peserta mendaftar di portal Guru Belajar dan Berbagi

Tahap 2 Pelatihan
Peserta mengikuti pelatihan yang terdiri dari 6 pelajaran, dengan alur yang sama yaitu :

  • Synchronous: Melakukan tes penilaian awal dan pembelajaran di webinar.
  • Asynchronous: Melakukan pembelajaran mandiri yaitu, tes penilaian tengah, tugas, latihan, dan tes penilaian akhir.
Catatan: Apabila peserta tidak dapat mengikuti live webinar, tersedia rekaman webinar untuk mengejar ketertinggalan. Silakan mengakses rekaman webinar di dalam materi asynchronous atau di kanal YouTube Ditjen GTK Kemendikbudristek RI.

Kurikulum Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi sebagai berikut:

  • Resilience: Tangguh & Teknologi
  • Critical Thinking: Berpikir Kritis & Teknologi
  • Creativity: Konten & Teknik Penceritaan
  • Communication: Komunikasi Efektif
  • Empowered Teacher: Penerapan Kelas Campuran
  • Collaboration: Kolaborasi & Dampak

Yang didapatkan peserta Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi yakni:

  • Meningkatnya pengetahuan guru terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi pada metode pembelajaran campuran, perangkat teknologi yang bisa digunakan untuk metode pembelajaran campuran, tahapan-tahapan dalam menyusun konten pembelajaran digital menggunakan teknologi sederhana, berbagai macam pola komunikasi yang terjadi pada metode pembelajaran campuran, penerapan teknologi dan 4C pada pembelajaran, serta pentingnya kolaborasi dalam rangka penerapan teknologi untuk pembelajaran.
  • Sertifikasi bagi para guru sebagai tanda telah menyelesaikan pelatihan dan pembekalan keterampilan nonteknis dalam adaptasi teknologi.
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan program pembelajaran secara daring.
  • Pengimbasan para peserta yang mendukung program dan inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adapun yang bisa menjadi peserta Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi yaitu:

  • Semua guru jenjang PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK
  • Kepala Sekolah
  • Pengawas Sekolah
  • Tenaga Administrasi Sekolah
  • Telah memiliki Akun SIMPKB
Waktu Pendaftaran untuk Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi terentang pada 18 Juni s.d. 27 Juli 2021

Peluncuran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi dapat dilihat di akun YouTube Ditjen GTK (https://www.youtube.com/watch?v=CDNODjt5hK8).

Informasi lebih lanjut dapat disimak di laman: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/.

Ayo Guru Belajar Daring Mandiri. Guru Belajar dan Berbagi setia hadir sesuai waktu belajarnya guru.

Headline

Mengenal Program Sekolah Penggerak