Berbagi Praktik Baik di Festival Ayo Guru Berbagi

Guru Berbagi By Sekretariat GTK 23 November 2021
2085
GTK, Jakarta – Ayo Guru Berbagi merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk berbagi pengalaman dan praktik baik.

Festival Ayo Guru Berbagi merayakan kolaborasi tersebut dengan berbagi fakta menarik dan praktik baik dari guru-guru se-Indonesia serta mengundang guru-guru inspiratif untuk berbagi pengalaman mereka.

Festival Ayo Guru Berbagi diselenggarakan pada tanggal 22-24 November 2021. Di festival ini, akan ada apresiasi bagi guru, belajar dan berbagi pengalaman serta praktik baik, juga membentuk jaringan atau komunitas antar sesama guru.

Ayo Guru Berbagi mengajak Bapak/Ibu Guru dalam Komunitas, Kelompok Guru, dan MGMP untuk mengikuti sesi Temu Komunitas Ayo Guru Berbagi di Festival Ayo Guru Berbagi, yang diselenggarakan pada Selasa, 23 November 2021, Pukul: 16.00-17.00 WIB. Info selengkapnya bisa diakses melalui https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/aksi/temu-komunitas-festival-ayo-guru-berbagi/. Anda dapat mengikuti diskusi bersama INOVASI, Guru Binar dan Kok Bisa!.

Festival Ayo Guru Berbagi dihadiri oleh guru-guru hebat dan inspiratif dari seluruh Indonesia yang akan terbagi ke dalam rumpun-rumpun pendidikan. Festival Ayo Guru Berbagi diisi dengan serangkaian gelar wicara dengan tema menarik dan turut mengundang narasumber hebat di bidangnya.

Berbagai rumpun-rumpun pendidikan itu yakni:

>> Bimbingan Konseling

Kolaborasi Bermakna Guru BK dan Siswa di Masa Pandemi

Pemetaan potensi siswa di dalam kelas akan sangat penting dalam proses "Take and Give". Metode ini adalah upaya Bu Lilik sebagai Guru Bimbingan Konseling untuk membantu anak berkebutuhan khusus sekaligus mengasah kemampuan sosial yang baik dari beberapa siswa.

Sesi Berbagi Praktik Baik dengan tema “Kolaborasi Bermakna Guru BK dan Siswa di Masa Pandemi Corona pada Sekolah Inklusi" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Lilik Subekti dari SMPN 2 Glagah Banyuwangi yang diselenggarakan pada Senin, 22 November 2021.

>> Vokasi

Geliat SMK di Masa Pandemi

Genose C19 adalah bukti nyata bahwa SMK Bisa! Dalam masa pandemi ini, SMK bersama dunia industri berhasil beradaptasi dengan memproduksi alat Genose C19. Bu Ening akan berbagi tentang bagaimana SMK dapat terus bergerak secara dinamis seiring dengan perkembangan zaman.

Sesi Berbagi Praktik Baik "Geliat SMK di Masa Pandemi" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Rr. Ening Kaekasiwi dari SMK SMTI Yogyakarta yang diselenggarakan pada Rabu, 24 November 2021, Pukul: 16.30 – 17.30 WIB.

>> Seni

Menumbuhkan Karakter Melalui Musik

“Sadarilah masa berganti

Tantangan kan kita hadapi

Bergandeng tangan untuk negeri

Era kita menanti berseri

Kita pelajar Pancasila"


Apa yang dapat Anda maknai dari lirik di atas? Pak Triadinata akan mengajak Anda menghayati lirik-lirik lagu dan merefleksikan bagaimana mata pelajaran seni tidak hanya mengasah siswa yang mumpuni dalam seni di dalam kelas, namun juga dapat menanamkan pesan-pesan moral dalam kehidupan.

Sesi Berbagi Praktik Baik "Menumbuhkan Karakter melalui Musik" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Tri Adinata dari SMP Al Azhar Medan yang diselenggarakan pada Selasa, 23 November 2021

>> Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Menjawab Harapan Masyarakat terhadap PAUD dengan Metode STEAM

STEAM adalah salah satu metode yang ternyata bisa memunculkan keterampilan Calistung dalam diri anak. Ibu Anas akan berbagi kiat dan praktik baik dalam melaksanakan STEAM di PAUD serta bagaimana kolaborasi antara guru dan orang tua dalam blended learning.

Sesi Berbagi Praktik Baik "Menjawab harapan masyarakat terhadap PAUD dengan metode STEAM" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Anastasia Ang dari Jari Kecil Child Care Center yang diselenggarakan pada Rabu, 24 November 2021,
Pukul: 13.30 – 14.30 WIB.

>> Bahasa

Memahami Literasi Lebih dari Sekadar Aksara

Informasi yang tersebar luas melalui pesan berantai di berbagai sosial media merupakan tantangan literasi kini. Berita bohong atau benar perlu dicerna kembali. Ini adalah sebuah pesan bahwa literasi bukan hanya sekadar berapa jumlah buku yang sudah dibaca hingga saat ini atau siapa yang menyatakannya. Tapi juga bagaimana kita memahami pesan yang terkandung di dalamnya. Bu Gilang adalah salah satu guru yang akan berbagi bagaimana kita bisa mengupayakan literasi yang lebih baik melalui kelas-kelas di sekolah.

Sesi Berbagi Praktik Baik "Memahami Literasi Lebih dari Sekadar Aksara" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Gilang Asri Devianty dari SMPN 2 Cileunyi yang diselenggarakan pada Senin, 22 November 2021.

>> Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Menjadi Guru Pendidikan Luar Biasa Tangguh di Masa Pandemi

Aplikasi Gembira adalah produk yang diciptakan Bu Ade dalam merespons perkembangan pendidikan dalam dunia digital. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk aktivitas mendengarkan berbagai bunyi di sekitar yang diciptakan untuk memaksimalkan sisa pendengaran pada siswa tuli. Bu Ade berbagi tentang aplikasi Gembira untuk dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk siswa luar biasa, namun seluas-luasnya.

Sesi Berbagi Praktik Baik "Menjadi Guru Pendidikan Luar Biasa yang Tangguh di Tengah Pandemi Covid-19" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Ade Putri Sarwendah dari SLB Negeri Balikpapan yang diselenggarakan pada Selasa, 23 November 2021.

>> Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Rumahku Laboratoriumku

Desakan dari orang tua, sekolah, hingga siswa yang membutuhkan semangat lebih dari biasanya merupakan tantangan seorang guru di masa pandemi. Minuman dengan warna bergradasi di sebuah kafe, menginpirasi Bu Putrina untuk menciptakan aktivitas laboratorium dari rumah.

Sesi Berbagi Praktik Baik “Rumahku Laboratoriumku” pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Putrina Sidabutar dari SMP Cinta Budaya, Deli Serdang yang diselenggarakan pada Senin, 22 November 2021.

>> Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Lingkunganku Sosial Belajarku

Bagaimana bila suatu daerah mengalami kendala sinyal dan media alat komunikasi selama masa pandemi? Dan apa aktivitas yang Anda bayangkan dalam pembelajaran dengan kendala tersebut? Pak Ifalon akan berbagi cerita bagaimana beliau mendapat dukungan dari tokoh masyarakat sekitar dan orang tua murid untuk mendukung pembelajarannya.

Sesi Berbagi Praktik Baik "Lingkunganku Sosial Belajarku" pada Festival Ayo Guru Berbagi bersama Ifalon Manduapessy dari SMAN 1 Biak yang diselenggarakan pada Rabu, 24 November 2021, Pukul: 15.00 – 16.00 WIB.

Ayo daftarkan diri Bapak/Ibu untuk mengikuti Festival Ayo Guru Berbagi pada tanggal 22-24 November 2021 di laman https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/aksi. Mari berbagi bersama dengan para guru hebat se-indonesia!

Semangat Guru Belajar & Berbagi, Semangat Guru Indonesia!

Bagikan artikel ini

Berita Terkini