Trending Now

Cara Menguasai Matematika

Cara Menguasai Matematika

GTK, Jakarta – Mengapa Matematika menakutkan? Mengapa begitu banyak orang takut terhadap Matematika? Edukator dan Fisikawan Indonesia, Yohanes Surya mengungkap hal tersebut terjadi dikarenakan mereka tidak mengetahui rahasia Matematika.

“Rahasianya apa sih untuk menguasai Matematika? Ketika saya melatih anak-anak di Indonesia timur banyak anak-anak ini waktu datang, waktu kami latih, mereka takut sekali terhadap Matematika, mereka begitu takut dan enggan menguasai Matematika,” kata Yohanes pada webinar bertema “Strategi Pembelajaran Matematika SD yang Menyenangkan pada Masa Pandemi Covid-19”, Jumat (11/12/2020).

“Jadi rahasianya apa? Ketika saya mencoba, melihat, menganalisa, ini bersama-sama dengan guru-guru dari Indonesia timur, saya menemukan rahasianya ada di berhitung untuk menguasai Matematika. Kita bisa menguasai Matematika, Fisika, Kimia, Sains, kalau kita berhitungnya kuat, itu kuncinya,” sambung pencipta metode Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING) ini.

Berhitung, menurut Yohanes Surya terdiri dari:

>> Penjumlahan

>> Perkalian

>> Pengurangan

>> Pembagian

>> Bilangan Bulat

>> Pecahan

>> Desimal

 

“Kalau tujuh topik ini dikuasai dengan baik, maka saya jamin anak itu akan hebat di dalam Matematika, dalam Fisika, dalam Sains. Tujuh topik ini, menjadi dasar yang sangat kuat sekali. Begitu anak menguasai berhitung, dampaknya luar biasa sekali,” jelas pendiri Asian Physics Olympiad (APhO).

Menurut Yohanes yang telah melatih guru di lebih dari 250 kabupaten di Indonesia, mengajar berhitung secara intensif dapat menjadi langkah menuju SDM Indonesia unggul.

“Saya mengajar intensif anak-anak dari beberapa daerah, penjumlahan selesai dalam tiga hari. Kemudian perkalian, itu butuh seminggu sampai dua minggu. Kita bikin Indonesia hebat,” semangat Yohanes Surya.

Komentar

Back to top