Apa yang Ada di Pikiranmu Ketika Mendengar Diksi ‘Merdeka Belajar’?

SHARE
GTK, Jakarta - Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memperingati Hari Guru Nasional (HGN) memperkenalkan konsep “Merdeka Belajar” dan “Guru Penggerak”.

“Apa itu artinya merdeka belajar? Itu artinya unit pendidikan yaitu sekolah, guru-guru dan muridnya punya kebebasan. Kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. Saya sadar bahwa saya tidak bisa hanya meminta, mengajak guru melakukan ini, saya PR di bagian Kemendikbud dan juga di dinas pendidikan untuk memberikan ruang inovasi,” kata Mendikbud Nadiem Makarim kala taklimat media di Plaza Insan Berprestasi, Kemendikbud, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Mendikbud Nadiem Makarim dalam kesempatan lain, menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

“Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” demikian disampaikan Mendikbud pada peluncuran Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”, di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Lalu apa yang ada di pikiran Sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan ketika mendengar diksi “Merdeka Belajar”? Dua peserta pada Simposium Guru Pendidikan Dasar Tahun 2019 mengutarakan pendapatnya.

“Saya sangat setuju sekali dengan tekad Bapak Menteri Nadiem. Tidak hanya gurunya saja yang aktif mengajar, tapi yang dominan  student-centered,” kata Wiwik Ardiyanti, Guru TIK SMP Negeri 2 Cibinong.

“Merdeka untuk belajar saya sepakat karena selaras dengan program ramah anak di mana tidak hanya siswa belajar di dalam ruang kelas, namun bisa juga diajak ke luar kelas ataupun lingkungan di sekitar sekolah yang berhubungan dengan materi ajar,” ujar Indah Pujiastuti, Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Cibinong.

#
Processing!