Trending Now

Belajar dan Berbagi Bersama Dirjen GTK

Belajar dan Berbagi Bersama Dirjen GTK

GTK, Jakarta – Pada Sabtu malam (6/2/2021) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril menyapa dan berbagi melalui Live Instagram. Selama sekitar 40 menit, Mas Dirjen menghidupkan semangat saling belajar dan berbagi cerita.

Aneka kebijakan Kemendikbud diungkap oleh Iwan Syahril di antaranya Guru Berbagi, Guru Belajar, Sekolah Penggerak.

“Yang unik tentang Indonesia adalah Guru Berbagi dan ini yang menjadi salah satu highlight kita, salah satu kebanggaan kita, bahwa guru-guru Indonesia dengan semangat gotong royong di Guru Berbagi,” kata Dirjen GTK  Iwan Syahril.

Guru berbagi adalah ruang gotong royong bagi guru dan penggerak pendidikan untuk saling berbagi praktik baik dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu, anda juga bisa menemukan referensi dan artikel tentang pembelajaran jarak jauh dan daring serta belajar bersama rekan guru lain di Ruang Aksi. Mari saling belajar dan berbagi di laman: guruberbagi.kemdikbud.go.id.

Semangat belajar dan berbagi di Guru Berbagi terjadi di semua jenjang, semua mata pelajaran, “Saling berbagi RPP atau artikel-artikel yang kemdian dimanfaatkan oleh guru-guru yang lain, karena guru-guru yang lain pun merasakan kondisi yang mirip begitu, sehingga mereka bisa mengambil inspirasi dari apa yang di-share oleh teman-temannya dari Sabang sampai Merauke,” tutur Iwan Syahril.

“Itu luar biasa menurut saya. Sampai saat ini sudah 57.000 lebih RPP yang sudah ada, itu dari semua jenjang dan sudah diunduh hampir 20 juta kali secara total,” rinci Iwan.

Pada Live Instagram tersebut, interaksi antara Dirjen GTK Iwan Syahril dengan warganet begitu hangat. Para guru dan tenaga kependidikan bercerita tentang refleksi di masa pandemi, transformasi dalam menggunakan teknologi, tantangan guru PAUD serta guru SD kelas bawah di dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam pemanfaatan teknologi, ada guru yang menggunakan Canva, TikTok sebagai medium pembelajaran.

“Selama pandemi ini bapak, ibu guru, terus berbagi inspirasi, belajar dan berbagi secara bersama-sama dengan guru lain. Baik itu melalui program pemerintah, ataupun program dari suatu organisasi, atau bapak, ibu sendiri yang secara proaktif membuat kelompok-kelompok belajar itu,” pesan Iwan Syahril.

“Saya sangat terima kasih. Teruslah menguatkan semangat, terus belajar dan berbagi,” ungkap Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril.

Sapa GTK 1: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi bersama  Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril dapat disimak di: https://www.instagram.com/tv/CK85G7dgz63/?igshid=1g8miwvn1qz5a.

Komentar

Back to top