Merdeka Belajar

Kemendikbudristek Apresiasi Implementasi Program Prioritas Merdeka Belajar di Kota Pangkalpinang

Dalam memantau perkembangan implementasi pelaksanaan program Merdeka Belajar, khususnya Program Prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependididkan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, melakukan kunjungan kerja, Rabu (10/7) ke Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Ciptakan Kelas Seru dan Kreatif dengan 3D dan Augmented Reality (AR)

Vina mengungkapkan 3D dan Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi yang baik untuk menciptakan aktivitas kelas seru dan kreatif.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Tiga Target Perubahan Gerakan Transisi PAUD ke SD

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan yang dilakukan pada awal tahun ajaran baru untuk menyambut dan membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Percepatan Pendaftaran Program Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Dalam rangka Program Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melaksanakan kegiatan Pembekalan Program Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris (Bridging Course) bagi Guru SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Diklat Berjenjang bagi Guru PAUD Membuka Pola Pikir

Bagi Esa, untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, guru harus update dengan perkembangan pendidikan.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Menggunakan Data Cadangan, Kemendikbudristek Pastikan Pencairan dan Pendaftaran Baru KIP Kuliah Tetap Berjalan

Kemendikbudristek memastikan data cadangan (backup) penerima dan pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tetap aman di pusat data Kemendikbudristek.

Selengkapnya
Berita

Pengumuman Kompetisi Ulang Pengembangan Kompetensi dan Addendum Dokumen

Terkelolanya Program Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dan calon Fasilitator Pengembangan Kompetensi Bahasa Inggris pada T.A 2024.

Selengkapnya
Berita

Pengumuman Kompetisi Ulang Tes Online CEFR dan Addendum Dokumen

Penyediaan jasa tes online kemampuan berbahasa Inggris berstandar CEFR bagi calon peserta dan calon Fasilitator peserta Program Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Selengkapnya
Guru Penggerak

Lebih Dari 32.279 Guru di Indonesia Ikuti Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyelenggarakan kegiatan pembukaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11, pada Kamis (13/6) lalu.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Apresiasi Bagi GTK Kab. Parigi Moutong, Komitmen Pemda Muliakan Peran Motor Penggerak Pendidikan

Di Bulan Merdeka Belajar ini, semangat dalam mengapresiasi para guru dan tenaga kependidikan (GTK) terasa hingga jauh ke Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Palu. Merdeka Belajar yang kini sudah menjadi sebuah gerakan besar di mana guru bertindak sebagai motor penggeraknya, mendapat sorotan yang luar biasa di Bumi Parigita, sebutan untuk kabupaten Parigi Moutong.

Selengkapnya
Berita

Sebanyak 3.570 Guru Ikuti Program Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tahun 2024

PKG PJOK adalah program pengembangan kompetensi berkelanjutan bagi guru pengampu mata pelajaran PJOK melalui pelatihan, pendampingan, dan kegiatan kolektif guru.

Selengkapnya
Berita

Pengumuman Kompetisi Pengembangan Kompetensi

PENGUMUMAN KOMPETISI Nomor: 537.3/A7.B5/SATPEL III 2024 #318/LK.00.00/2-3/V/2024

Selengkapnya
Berita

Pengumuman Kompetisi Tes Online CEFR

Pengumuman Kompetisi Nomor: 537.3/A7.B5/SATPEL III 2024 #318/LK.00.00/2-3/V/2024

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Semangat Belajar Berbagi dan Berkolaborasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Ditjen GTK ingin memberikan informasi dan pemahaman mengenai kebijakan kurikulum, panduan-panduan kurikulum, pentingnya perubahan paradigma guru dan tenaga kependidikan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan satuan pendidikan.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Komisi X DPR RI Dorong RUU tentang Bahasa Daerah Dapat Dituntaskan pada Masa Pemerintahan Berikutnya

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, menyebut, RUU tersebut sebagai komitmen nyata dalam pelindungan dan pengembangan bahasa daerah yang sejalan dengan upaya penyediaan guru bahasa daerah yang kompeten.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Beasiswa Non-Gelar Micro Credential Dorong Percepatan Transformasi Pendidikan Melalui Peningkatan Kompetensi Guru

Melalui program ini, Ditjen GTK membuka kesempatan bagi guru dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia untuk mengikuti beasiswa non-gelar micro credential.

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Kemendikbudristek Pastikan Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo menegaskan bahwa setiap sekolah hingga jenjang pendidikan menengah wajib menyediakan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka. 

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka Menegaskan Pentingnya Implementasi Nasional

Kemendikbudristek secara resmi merilis Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Rabu (27/3). 

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum bagi Implementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional

Kemendikbudristek terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua murid. Salah satu bagian penting dalam mewujudkan hal ini adalah kurikulum yang menjawab tantangan zaman yang terus berkembang. 

Selengkapnya
Merdeka Belajar

Dukungan Kemendikbudristek bagi Satuan Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia serta menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.

Selengkapnya



X