Apresiasi

GURU DAN

TENAGA KEPENDIDIKAN

TAHUN 2022

Mari rayakan Hari Guru Nasional dengan terus belajar, berkarya, dan berbagi inspirasi pembelajaran kepada para pendidik se-Indonesia dalam rangka menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik demi kemajuan pendidikan Indonesia.

Berkarya dan Berbagi

#HGN2022

#ApresiasiGTK2022


Tentang

APRESIASI GTK

TAHUN 2022

Apresiasi GTK merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang inspiratif yang telah memberikan layanan pendidikan yang baik bagi para murid serta memiliki semangat belajar, berkarya, dan berbagi sesuai dengan visi Merdeka Belajar.

Penghargaan diberikan karena GTK memiliki praktik baik dalam mengimplementasikan kepemimpinan/ pendampingan/ implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya.


TAHAP KEGIATAN APRESIASI GTK

1

Cari Tahu Informasi Apresiasi GTK Tahun 2022

Eksplorasi seluruh halaman pada laman dan unduh panduan pelaksanaan.

2

Buat dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar & Isi Form Pendaftaran

Pastikan Anda memiliki akun belajar.id

3

Penilaian Bukti Karya Apresiasi GTK Tahun 2022

Seleksi administratif, substansi karya, presentasi karya, dan wawancara

4

Peserta terpilih mengikuti rangkaian Puncak HGN 2022

Puncak Hari Guru Nasional akan diselanggarakan di Jakarta pada 26 November 2022


PESERTA APRESIASI GTK 2022

Pendidik

1. Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
2. Pendidik PAUD dan Pamong Belajar

Kepala Sekolah

Kepala TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB

Pengawas Sekolah

1. Pengawas TK
2. Pengawas Pendidikan Dasar (SD/SMP)
3. Pengawas Dikmen dan Diksus (SMA/SMK/SLB)

Penilik


PERSYARATAN PESERTA APRESIASI 2022

1.Memiliki pendidikan terakhir:

a. Minimal S-1/D-IV untuk guru, pendidik PAUD, Pamong Belajar, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah yang dibuktikan dengan foto/scan ijazah terakhir. b. Minimal SMA untuk penddik PAUD (KB/TPA/SPS) dan sudah pernah mengikuti diklat berjenjang yang dibuktikan dengan foto/scan ijazah terakhir dan sertifikat diklat.

b. Minimal SMA untuk penddik PAUD (KB/TPA/SPS) dan sudah pernah mengikuti diklat berjenjang yang dibuktikan dengan foto/scan ijazah terakhir dan sertifikat diklat.

2. Memiliki kelakuan baikyang dibuktikan dengan Surat pernyataan yang disetujui oleh atasan langsung.

3. Memiliki akun belajar.id.

4. Khusus bagi Guru, Pendidik PAUD, Pamong Belajar, dan Penilik PAUD dan Dikmas harus berstatus aktif minimal 3 (tiga) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan unit kerja/lembaga.

Apa Kata

PENERIMA APRESIASI GTK TAHUN 2021

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat terundang dalam peringatan Hari Guru Nasional 2021. Merasa sangat diapresiasi luar biasa oleh Mas Menteri dengan dihadirkannya guru-guru ke JCC menikmati konser! Itu momen yang sangat indah".

Yang paling terkenang adalah bagaimana ruh perhelatan berupa apresiasi bagi guru untuk berbagi pengalaman terbaiknya dalam upaya pemulihan kondisi pembelajaran di masa pandemik, semoga dapat menginspirasi bagi rekan guru Indonesia melalui tulisan Bunga Rampai, yang difasilitasi oleh Kemendikbudristek, terimakasih.


Fera Maulidya Sukarno, M.Pd

SMPN 1 Subang, Kab. Subang

“Perasaan yang sangat mengharu-biru, bahagia yang tiada terkira berwujud syukur kepada Yang Maha Berkehendak, saat namaku dipanggil untuk manaiki Panggung Kehormatan hasil penataan apik oleh Kemdikbudristek RI serta dinobatkan sebagai Terbaik 1 Guru Inspiratif Kategori Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2021. Perhelatan yang menurutku sungguh sangat menghargai guru. Begitu megah, begitu tertib serta dijamu dengan suguhan istimewa; berupa hadiah laptop, uang tunai, piagam penghargaan, juga suguhan makanan spesial, tidak ketinggalan pula menikmati panggung hiburan artis papan atas. Tanpa terasa, mata ini berkaca-kaca, tatkala tepuk tangan terdengar riuh renda gegap-gempita dari teman-teman guru serta rekan panitia yang ramah, sembari mereka meneriakkan namaku: "Poniman, Poniman, Poniman". Ya, HGN tahun itu seolah milikku.”


Poniman, S.Pd.SD

Guru UPT SD Negeri 1 Kresnomulyo, Kec. Ambarawa, Kab. Pringsewu, Prov. Lampung.

“Dari pengalaman selama mengikuti HGN ini saya belajar bahwa dalam melakukan suatu inovasi dan menyuarakan inspirasi bukan semata-mata untuk popularitas diri dan supaya terlihat hebat, Tapi dalam berinovasi pentingnya mendasarkan pada asas kebermanfaatan banyak pihak serta kepedulian terhadap kondisi dan kebutuhan pendidikan di lingkungan sekitar”


Damayanti Nahampun, S. Pd

Kepala Sekolah Khusus Santo Fransiskus Assisi Balikpapan

"Berkarya itu tidak hanya sekedar keren dan hebat, tp bagaimana setiap inovasi kita sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah dan pendidikan di sana."

Terima kasih HGN 2021, yang begitu mewah, keren dan meriah. Semoga tahun ini akan lebih banyak lagi karya hebat para pendidik di Indonesia.


Restyn Yusuf, S.Pd,.Gr

Kepala SMAN 3 Biak, Papua

"Kegiatan yang sangat inspiratif ini diadaakan Kemdikbudristek untuk memotivasi guru menjadi guru kreatif dan inovatif. Motto “my student my inspiration and to be special teacher is not easy, we have to be creative and inovative”. Disinilah kita berkompetisi secara sehat untuk menjadi guru inspiratif. Terimakasih kepada Kemdikbudristek atas terselenggaranya kegiatan istimewa ini, HGN tahun 2021 merupakan pengobat rindu bagi saya untuk berkompetisi.HGN tahun ini kereen."


Iva Evry Robiyansah, S.Si. M.Pd

Guru SMPLBN Kota Pasuruan, Jawa Timur

"Saya bertemu teman-teman pendidik, yang berasal dari seluruh nusantara. Saya juga saling berbagi ilmu serta strategi untuk kemajuan peserta didik"

"Saya bisa tampil parodi menyampaikan aspirasi di hadapan Bapak Dirjen. Sungguh mengharukan dan ingin mengulanginya kembali dengan bakat lainnya"


Nanik Nasihatul Farida, S. Pd.

KB Islam Insan Kamil Tuban, Jawa Timur

"Harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal berkembangnya potensi diri. Selain itu semakin memajukan pendidikan Kelompok Bermain Istiqlal khususnya, dan lembaga anak usia dini di seluruh Indonesia pada umumnya,” katanya"


Ema Mardiah, S.Pd.

Kepala KB PAUD Istiqlal Jakarta

Mari Belajar, Berkarya, dan Berbagi untuk Memajukan Pendidikan Indonesia