Selayang Pandang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi 2019

Selayang Pandang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi 2019

- GTK PAUD
1437

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah provinsi yang terbentuk pada tahun 2000 yang merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan.

 

GTK, Pangkalpinang - Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 dihelat di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung pada 23 s.d. 28 Juni 2019. Apa sajakah yang terbetik di sidang pembaca ketika mendengar Provinsi Kepualauan Bangka Belitung? Berikut selayang pandang dari provinsi yang memiliki luas wilayah 81.725,14 km2 ini.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah provinsi yang terbentuk pada tahun 2000 yang merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan. Nama Bangka Belitung diambil dari nama dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang merupakan pusat kehidupan penduduk Bangka Belitung. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beribukota di Pangkalpinang yang berada di Pulau Bangka sekaligus sebagai kota madya. Kota Pangkalpinang sendiri dihuni oleh 180.250 jiwa.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi penghasil timah terbesar di dunia. Hasil timah yang ada di Pulau Bangka dan Belitung dikelola oleh BUMN yaitu PT Timah, Tbk. Kontribusi PT Timah, Tbk terhadap pembangunan di Kepulauan Bangka dan Belitung sangat besar sejak perusahaan ini berdiri. Perekonomian di Bangka Belitung sangat bergantung dari hasil tambang ini, termasuk tambang-tambang kecil yang dimiliki rakyat. Selain hasil tambang timah, negeri serumpun sebalai juga terkenal dengan hasil perkebunan antara lain lada, karet, sawit.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kaya akan potensi wisata pada tahun 2010 mencanangkan sebagai tahun kunjungan wisata Bangka Belitung (Visit Bangka Belitung Archipelago 2010). Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung memiliki karakter dan keunikan yang beragam. Mulai dari pantai berpasir putih, pantai dengan bebatuan raksasa, pulau-pulau kecil yang elok nan mempesona, terumbu karang yang belum terjamah, hutan alami, air terjun, perkebunan dan persawahan, perkampungan yang unik, serta kebiasaan masyarakat dengan budaya toleransi dan gotong royong yang tinggi.

Berita Terkait

Headline

Peluncuran Seri Webinar Guru Belajar - Persiapan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021