Sekolah Penggerak adalah Katalis

Sekolah Penggerak adalah Katalis

- Sekolah Penggerak
1896

Program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi untuk mengakselerasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

 

GTK, Jakarta – Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Kepala sekolah dan guru dari Sekolah Penggerak melakukan pengimbasan kepada satuan pendidikan lain.

Program Sekolah Penggerak adalah program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi untuk mengakselerasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

“Sekolah Penggerak adalah katalis. Banyak sekali sekolah-sekolah kita belum melakukan transformasi paradigma. Lebih banyak sekolah kita yang mengikuti administrasi pendidikan atau berbagai macam proses pendidikan, tapi tidak berfokus pada output pembelajaran. Jadi ini yang kita harapkan dengan Sekolah Penggerak, melakukan transformasi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat peluncuran Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak, Senin (1/2/2021).

Menurut Nadiem, transformasi terhadap output pembelajaran yang lebih esensial dan fundamental juga terjadi pada sekolah-sekolah di banyak negara di dunia.

“Dan diawali, terpenting dengan SDM yang unggul. Ini tidak ada substitusinya. Semua transformasi pendidikan, ujung-ujungnya adalah kualitas guru dan kualitas kepemimpinan sekolah, kepala sekolah dan guru-gurunya,” jelas Mas Menteri.

Pada paparannya, Mendikbud mengungkap gambaran akhir Sekolah Penggerak secara umum:

>> Hasil Belajar:

Di atas level yang diharapkan

>> Lingkungan Belajar:

Aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan

>> Pembelajaran:

Berpusat pada murid

>> Refleksi diri dan pengimbasan:

Perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri

Refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi

Sekolah melakukan pengimbasan

 

“Dan di akhir dari program ini, kita ingin hasil belajar yang di atas rata-rata, di atas level yang diharapkan. Numerasi, literasi, dan berbagai macam hal yang kita lihat harus meningkat di atas rata-rata,” tutur Mendikbud.

“Kita ingin lingkungan belajar yang aman, nyaman, nyaman bagi siswa-siswi kita, inklusif, dan menyenangkan. Menyenangkan mungkin yang paling penting. Karena kalau anak-anak kita tidak merasa senang dalam sekolah, pembelajaran akan terkorbankan. Kita tidak bisa menemukan optimalisasi pembelajaran, jika anak tidak merasa senang di dalam kelas, merasa mereka tidak berpartisipasi,” sambung Nadiem.

Mendikbud menjelaskan filsafat dasar dari Sekolah Penggerak yakni pembelajaran berpusat pada murid. “Bukan berpusat pada regulasi, bukan berpusat pada hal-hal lain. Berpusat pada kebutuhan murid. Berpusat pada kemampuan murid,” ujarnya.

Mendikbud menerangkan lebih lanjut tentang pentingnya melakukan refleksi.

“Dan tentunya refleksi diri dan pengimbasan. Perencanaan dan iterasi yang dilakukan oleh guru-guru dan kepala sekolahnya adalah basis dari transformasi perubahan pembelajaran. Kita ingin melihat guru-guru melakukan refleksi,” terang Mendikbud Nadiem Makarim.

“Guru-guru ngobrol dengan guru-guru dari kelas lain untuk bekerja sama, berkolaborasi sebagai tim. Karena pendidikan adalah team based sport, dimana guru-guru harus bekerja sama dengan kepala sekolah. Sebagai coach-nya ini kepala sekolah untuk bisa menemukan inovasi-inovasi dan selalu mengetes apakah ini berhasil kita lakukan dengan murid kita,” tambah Nadiem.

Mengetes dapat dilakukan dengan melakukan asesmen di dalam kelas, melakukan berbagai macam survei, serta melakukan proses kolaboratif. “Jadi refleksi diri menjadi tema yang sangat kuat pada Sekolah Penggerak,” ucap Mendikbud.

Bagi kepala sekolah di daerah penyelenggara Program Sekolah Penggerak 2021, diharapkan untuk segera mendaftar sebelum 6 Maret 2021 di:  https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/pendaftaran-sekolah-penggerak

Info lebih lanjut tentang Program Sekolah Penggerak dapat disimak di laman: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak

Headline

Presiden RI Mendukung PTM Terbatas Dilaksanakan Segera di Wilayah PPKM Level 1-3