Peluncuran Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup

Peluncuran Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup

- Merdeka Belajar
5220

Pendidikan Keterampilan Hidup dirancang agar dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21.

 

GTK, Jakarta – Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) bagi para guru SMP dan SMA/SMK di Indonesia dirancang agar dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 (seperti pemecahan masalah, kreativitas dan komunikasi), dan agar mereka memperoleh pengetahuan komprehensif tentang berbagai topik penting (seperti kesetaraan gender, keamanan menggunakan internet, dan perundungan/bullying). Metodologi yang digunakan dalam sesi-sesi pembelajaran PKH sangat bervariasi, termasuk permainan, diskusi, penilaian diri, role-play/drama, studi kasus, pekerjaan rumah, pemetaan pemikiran, tugas proyek, dan presentasi.

Ada pun tujuan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup yaitu:

>> Meningkatkan kompetensi guru terkait topik-topik Pendidikan Keterampilan Hidup sehingga dapat mendukung peserta didik mengembangkan keterampilan abad ke-21 guna mencapai tujuan pendidikan nasional Indonesia.

>> Mengembangkan keterampilan guru dalam memfasilitasi pembelajaran Pendidikan Keterampilan Hidup kepada peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan menyenangkan.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril mengutarakan pentingnya kemampuan guru untuk memfasilitasi pembelajaran yang komprehensif terkait beragam topik.

“Keterampilan hidup adalah salah satu cara untuk membekali anak didik kita, khususnya para remaja dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola risiko, membuat keputusan yang tepat mengenai kehidupan mereka,” kata Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril saat memberi arahan pada Peluncuran Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Lantas siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup? Berikut sejumlah syarat bagi guru yang akan mengikuti program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup:

>> Guru semua mata pelajaran SMP dan SMA/SMK

>> Memiliki akun SIMPKB

>> Berkomitmen untuk menyelesaikan 22 jam pelatihan PKH berbasis web/e-modul

>> Berkomitmen untuk menyelesaikan 10 jam pendampingan (coaching clinic) secara online yang akan dipandu oleh para master trainers

>> Tidak sedang mengikuti/terlibat dalam kegiatan lain yang terkait dengan peningkatan kapasitas pada saat yang sama

>> Menjadi salah satu dari 14.000 peserta yang berhasil mendaftar mengikuti program Guru Belajar pada seri Pendidikan Keterampilan Hidup

 

“Modul pendidikan keterampilan hidup bagi guru yang telah didigitalisasi bertujuan agar guru SMP maupun SMA/SMK mendapatkan penguatan kapasitas melalui metode blended learning atau campuran,” jelas Iwan Syahril tentang pola Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup.

“Yang menggabungkan moda pelatihan online dengan pendampingan langsung, bersama dengan master trainers yang akhirnya kita harapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kecakapan hidup dari peserta didik,” sambung sosok yang akrab dipanggil Mas Dirjen.

Pendidikan keterampilan hidup terdiri dari keterampilan kognitif, keterampilan sosial, keterampilan emosional, yang berarti bersifat holistik. “Keterampilan ini penting bagi anak-anak kita dan para remaja, yang mereka butuhkan guna mencapai sebuah kehidupan yang produktif dan berarti,” terang Iwan.

Pendidikan keterampilan hidup berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar dan juga membekali anak-anak dan remaja dengan hal-hal yang mereka butuhkan dalam transisi ke masa dewasa. Seperti kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat, kemampuan untuk menghadapi tantangan zaman, dan rasa diberdayakan serta lebih percaya diri.

“Hal ini tentu membutuhkan kemampuan dari para guru dalam mengajar menggunakan pendekatan yang lebih interaktif sehingga para guru bisa benar-benar memahami bagaimana peserta didik yang mereka ajar dan menggali potensi yang terbaik dari mereka,” harap Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril.

Informasi terkait tentang Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup dapat disimak di laman https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pendidikan-keterampilan-hidup/.

Peluncuran Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup dapat disimak di https://www.youtube.com/watch?v=yS7dtfolcsE.

Headline

Mendikbud: Peran Teknologi Sangat Besar untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan