Peluncuran Laman “Guru Belajar & Berbagi”

Peluncuran Laman “Guru Belajar & Berbagi”

GTK, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meluncurkan Program Guru Belajar & Berbagi pada Rabu (3/3/2021) secara virtual.

“Peluncuran Program Guru Belajar & Berbagi bertujuan untuk memperkenalkan domain baru yaitu gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Nunuk Suryani.

Program Guru Belajar & Berbagi merupakan penggabungan dua domain sebelumnya yaitu Guru Berbagi dan Guru Belajar.

Dalam peluncuran tersebut, sekaligus memperkenalkan Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang dapat diakses pada laman: ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/.

Dalam laporannya, Nunuk mewartakan sejumlah data kuantitatif mengenai Guru Berbagi, Webinar Seri Belajar, Guru Belajar.

“Dari layanan Guru Berbagi terdapat 65.612 jumlah postingan RPP, 2.219 artikel, 82 video telah diterbitkan,” beber Nunuk.

“Untuk Webinar Seri Belajar yang telah diselenggarakan Juni sampai Juli 2020 telah diikuti oleh 326.633 orang dari unsur guru seluruh jenjang, tenaga kependidikan, praktisi pendidikan, dan orang tua murid,” tutur Nunuk Suryani.

Adapun untuk Guru Belajar telah terdapat beberapa seri yakni Seri Masa Pandemi Covid-19, Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Seri Pendidikan Keterampilan Hidup

“Sedangkan di pelatihan Guru Belajar Seri Pandemi telah diikuti olh 231.324 guru di seluruh jenjang. Untuk Seri Asesmen Kompetensi Minimum dalam rentang waktu 4 Januari sampai 27 Februari 2021 telah diikuti oleh 385.538 guru dan tenaga kependidikan,” ujar Sesditjen GTK, Nunuk Suryani.

Sedangkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK memberikan fasilitasi kepada calon pendaftar guru ASN PPPK berupa Materi, Perangkat, Latihan soal-soal, Community Learning serta Tryout sebagai tambahan bekal untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK.

Semua guru non PNS yang terdaftar di Dapodik dan telah memiliki akun SIMPKB dapat menjadi peserta Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Info lebih lanjut dapat disimak di laman: ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/.

Komentar

Back to top