Trending Now

Mendikbud: Guru Penggerak Akan Menjadi Lilin dan Obor Perubahan

Mendikbud: Guru Penggerak Akan Menjadi Lilin dan Obor Perubahan

GTK, Jakarta – Guru penggerak merupakan ujung tombak perubahan transformasi pendidikan di Indonesia. Sebab dari merekalah diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin pendidikan masa depan.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat Peluncuran "Merdeka Belajar Episode 5: Guru Penggerak"  di Jakarta, Jumat (3/7/2020). 

“Guru penggerak merupakan suatu program pelatihan, program identifikasi, dan  pembibitan calon pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang akan menjadi calon-calon kepala sekolah, calon-calon pengawas sekolah dan calon-calon pelatih program pelatihan guru,” ujar Mendikbud.

Mas Menteri menjelaskan bahwa Program Guru Penggerak tidak hanya sekadar program identifikasi dan rekrutmen, tapi ini juga merupakan sarana untuk pelatihan, pembinaan dan membesarkan guru-guru penggerak.  

“Program ini adalah untuk mencari bibit-bibit pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan itulah betapa pentingnya proses identifikasi ini, proses pembinaan ini sukses agar masa depan unit pendidikan kita terjaga,” ujarnya.

Untuk menjadi guru penggerak tidak hanya cukup menjadi guru yang baik yang hanya  berhasil mengajar di kelas. Tapi guru penggerak harus mampu memiliki dampak yang lebih luas. Keberadaannya mampu memberikan dampak terhadap guru-guru yang lain.

Mendikbud menjelaskan perbedaan antara guru baik dengan guru penggerak. Guru baik memiliki tiga indikator yakni mampu mendorong peningkatan prestasi akademik murid, mampu mengajar dengan kreatif dan inovatif, serta  mampu mengembangkan diri secara aktif.

Sementara guru penggerak  adalah guru yang tidak hanya  memiliki  karakteristik yang dimiliki oleh guru baik, tapi  juga memiliki karakteristik yang lain yakni mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, yakni mampu membentuk siswa menjadi Pelajar Pancasila, mampu menjadi pelatih atau mentor bagi guru lain untuk pembelajaran yang berpusat kepada murid serta mampu menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan. 

Dengan karakteristik tersebut maka menurut Mendikbud para guru penggerak akan menjadi lilin dan obor perubahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sebab kehadiran mereka akan memberikan dampak yang luar biasa  tidak hanya kepada guru-guru yang lain, tapi juga akan memberikan  dampak terhadap sekolah serta mampu menjadi perubahan di masing-masing unit pendidikannnya, bahkan di luar unit pendidikannya.

Komentar

Back to top