Governing Board Meeting Jadi Momentum Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi

Governing Board Meeting Jadi Momentum Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi

- Merdeka Belajar
1147

SEAQiM untuk selalu mengedepankan pendidikan literasi dan numerasi kepada guru serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mapel Matematika

 

GTK – SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics (SEAQiM) menyelenggarakan Governing Board Meeting (GBM) ke-12 pada tanggal 21-23 September 2021 di Hotel Wujil, Semarang. Dilaksanakan secara hibrida, acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 11 negara anggota SEAMEO yang sekaligus sebagai anggota dewan penasihat atau Governing Board Member SEAQiM dan beberapa delegasi dari berbagai pemangku kepentingan lainnya.

“Jadikan kegiatan ini momentum dan peluang bagi kita dalam rangka mendukung proses pembelajaran di sekolah sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi. Harapan besar disampaikan kepada SEAQiM untuk selalu mengedepankan pendidikan literasi dan numerasi kepada guru serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mata pelajaran Matematika,” tutur Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), Suharti dalam sambutan pembukaan secara daring, pada Selasa (21/9/2021).

Suharti juga mengucapkan terima kasih kepada anggota GBM yang sudah memberikan dukungan sepenuhnya kepada SEAQiM dalam penyelenggaraan GBM tahun ini. Menurutnya, pandemi adalah tantangan terbesar dalam dunia pendidikan, oleh karena itu kesenjangan teknologi yang selama ini dialami sudah saatnya diminimalisir.

GBM merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan dalam rangka mempertanggungjawabkan program kerja tahun anggaran yang telah dilaksanakan dan untuk mendapatkan arahan maupun saran dari anggota GBM untuk program kerja tahun anggaran yang akan datang.

“Terutama pada saat pandemi seperti ini harapan yang sangat besar diharapkan dari SEAQiM kepada semua anggota GBM maupun delegasi lainnya memberikan sumbangsih untuk berjalannya sektor pendidikan terutama dalam bidang Matematika yang lebih inovatif,” ucap Direktur SEAQiM, Sumardyono.

Sumardyono juga mengucapkan terima kasih kepada anggota GBM yang berkenan hadir dan memberikan dukungan sehingga acara berjalan dengan baik. “Terutama kepada Deputi Direktur Program SEAMEO Secretariat yaitu Dr. Wahyudi yang berkesempatan hadir secara luring, dan memberikan banyak sekali arahan dan masukan yang diharapkan untuk kemajuan SEAQiM,” katanya.  
SEAQiM merupakan sebuah lembaga di bawah Southeast Asian Ministers of Education Organization/SEAMEO, yakni organisasi menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara yang berdiri pada tanggal 13 Juli 2009. Misi SEAQiM adalah mengadakan program yang relevan dan berkualitas untuk mendukung keunggulan profesional guru dan tenaga kependidikan Matematika di Asia Tenggara.

“Sebagai organisasi pendidikan khususnya bidang Matematika, dengan adanya GBM ke-12 ini tentunya SEAQiM berharap akan menjadi salah satu wadah bagi guru-guru se-Asia Tenggara untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan, serta selalu mengedepankan inovasi, profesionalisme, kualitas pelayanan, berpikir global dan selalu memberikan inspirasi bagi semua guru maupun tenaga kependidikan di Asia Tenggara pada umumnya dan Indonesia pada khususnya,” tutup Direktur Sumardyono.  

Headline

Kemendikbudristek Ajak Organisasi Profesi Guru Jadikan Merdeka Belajar Sebagai Gerakan