Ciri Guru Penggerak

Ciri Guru Penggerak

GTK, Jakarta – Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelengarakan Acara Hari Guru Nasional 2020 di TVRI, Rabu (25/11/2020). Merujuk tema HGN tahun ini, “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar,” acara tersebut menampilkan dua sosok guru inspiratif yaitu guru SLB Negeri Batang, Provinsi Jawa Tengah yang bernama Hikmat dan guru SD YPK Pasi Aimando, Biak, Papua, yang bernama Ayyub.

Bertindak sebagai moderator, Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbud, Iwan Syahril, acara tersebut turut menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim.

Ayyub adalah seorang alumni program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) pada tahun 2014. Sedangkan Hikmat, seorang guru SLB yang juga penyandang disabilitas.

Mengomentari kisah inspiratif dari kedua guru tersebut, Mendikbud menyampaikan rasa bangganya.

“Saya merinding mendengar cerita-ceritanya karena saya baru balik dari beberapa daerah yang terluar. Saya baru balik dari Palu, saya baru balik dari Pulau Rote dan luar biasa mendengar cerita guru-guru ini,” tutur Mendikbud Nadiem.

Mas Menteri pun memandang Ayyub dan Hikmat sebagai sosok guru penggerak.

“Saya sudah tahu Pak Ayyub dan Pak Hikmat ini benar-benar guru penggerak. Karena guru penggerak itu salah satu cirinya, motivasi mereka itu sangat terpacu ketika semakin besar tantangannya. Jadi ciri guru penggerak itu guru yang tertantang oleh situasi yang lebih sulit dan bukannya putus asa, tapi termotivasi,” jelas Nadiem.

Mendikbud dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada segenap guru sekolah luar biasa (SLB).

“Saya selalu bilang dari dulu, guru-guru itu bisa belajar luar biasa dari guru-guru SLB, karena mereka mengerti konsep-konsep pedagogi lebih mendalam karena begitu besar tantangan yang harus mereka hadapi,” ungkap Nadiem Makarim.

Praktik baik pembelajaran dari Hikmat dan Ayyub memang merupakan mutiara inspirasi yang layak digali.

“Suatu kehormatan buat saya bisa bertemu dengan Pak Hikmat dan Pak Ayyub. Terima kasih sudah memotivasi saya dan guru-guru senegara ini di Hari Guru ini, luar biasa,” salut Mendikbud Nadiem Makarim.

“Ini merupakan sebuah inspirasi bagi kita semua untuk terus semangat, walaupun banyak keterbatasan pada saat ini, kita tidak boleh menyerah dan kita harus berani bermimpi untuk mencapai cita-cita kita sebagai bangsa dan terutama untuk anak-anak kita yang ada dari Sabang sampai Merauke,” pesan Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril di Hari Guru Nasional Tahun 2020.

Komentar

Back to top