Capaian Program Prioritas Merdeka Belajar Tahun 2020

Capaian Program Prioritas Merdeka Belajar Tahun 2020

GTK, Jakarta – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril menyampaikan capaian program prioritas Merdeka Belajar 2020 Program Guru dan Tenaga Kependidikan pada Taklimat Media Awal Tahun 2021 Kemendikbud.

Iwan membuka bidak kata dengan mengapresiasi Sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan yang begitu luar biasa di masa pagebluk ini.

“Capaian program prioritas Merdeka Belajar di tahun 2020 untuk Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, hal yang mungkin perlu saya sampaikan di awal adalah dengan adanya pandemi ini terbentuk sebuah kebiasaan baru, sebuah mindset yang mudah-mudahan bisa menguatkan transformasi pendidikan Indonesia ke depannya,” kata Iwan Syahril di Jakarta, Selasa (5/1/2021).

“Hikmah dari pandemi ini guru-guru Indonesia terbukti sebagai guru-guru yang luar biasa, yang tangguh, yang terus berjuang dalam kondisi yang sangat terbatas, membentuk mental untuk nyaman dengan ketidaknyamanan, kemudian budaya belajar yang menguat,” sambung Iwan.

Guru dan tenaga kependidikan di masa pagebluk, tak hanya budaya belajarnya yang menguat, melainkan juga semangat berbagi dan berkolaborasi. “Dan lebih terbiasa dan berani menggunakan platform teknologi dalam belajar, berbagi, dan berkolaborasi. Ini akan membentuk mudah-mudahan harapan baru yang bisa terus menggerakkan, akselerasi transformasi pendidikan kita pada saat ini,” tutur Mas Dirjen.

 

>> Guru dan Kepsek yang Mendapatkan Peningkatan Kompetensi

Sasaran: Orang

Target: 39.555

Realisasi: 40.241

 

“Realisasi sedikit melebihi dari target, ini terkait dengan program seperti Guru Penggerak angkatan I yang sedang berjalan pada saat ini dan juga penguatan kepala sekolah di 423 kabupaten/kota bekerja sama dengan lebih dari 100 LPD di seluruh Indonesia dan juga pelatihan guru-guru berdasarkan kebutuhan peserta didik yang dilakukan oleh UPT-UPT Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan di berbagai provinsi di Indonesia,” jelas Iwan Syahril.

 

>> Guru yang Mengikuti Sertifikasi Guru

Sasaran: Orang

Target: 33.873

Realisasi: 33.873

 

“Ini khusus untuk guru dalam jabatan, sedangkan prajabatan yang juga sedang berjalan pada saat ini terus dilanjutkan,” jelas Mas Dirjen.

 

>> Guru yang Dinilai Kompetensinya Rata-Rata Nilai Kompetensi Guru dan Tendik

Sasaran: Orang

Target: 9.619

Realisasi: 9.619

 

“Yang dimasukkan dalam hal tersebut adalah guru-guru yang diseleksi dalam program Guru Penggerak, baik itu peserta maupun fasilitator pengajar praktik, dan para instruktur diklat di penguatan kepala sekolah,” ungkap Iwan Syahril.

 

>> Penataan Guru dan Tenaga Kependidikan

Sasaran: Provinsi

Target: 34

Realisasi: 34

 

“Dimana kami memfasilitasi dengan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam hal perencanaan data-data kebutuhan guru,” ucap Iwan.

“Dalam hal ini yang terpenting adalah ketika kita melakukan rekonsiliasi data formasi guru P3K dengan KemePANRB, BKN, Kemenkeu, BKD, serta dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” sambung Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril.

Komentar

Back to top