Buku yang Menggerakkan Kemauan

Buku yang Menggerakkan Kemauan

- Berita
365

Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta

 

GTK, Jakarta – Buku “Sheila” karangan Torey Hayden menjadi inspirasi Ade Putri Sarwendah untuk menjadi seorang Guru Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Ade adalah guru SLBN Balikpapan di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Khususnya, ia menangani murid dengan hambatan pendengaran (tunarungu). Ia sudah mengajar kurang lebih 10 tahun di Balikpapan.

Ade menjadi teman belajar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril pada Sapa GTK 7: Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi, Sabtu (17/4/2021).

“Kenapa saya jatuh cinta pada dunia pendidikan khusus? Ini karena saya sejak SMA, kebetulan saya senang sekali membaca buku yang dikarang langsung oleh Torey Hayden. Torey Hayden adalah seorang guru pendidikan khusus dan entah mengapa ceritanya itu menarik, menantang, dan menyenangkan untuk saya,” jelas Ade.

“Jadi ketika lulus SMA, saya tidak memilih-milih jurusan lain, saya memfokuskan hati untuk mendaftar di Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Pendidikan Luar Biasa,” sambungnya.

“Saya senang membaca buku macam itu, karena cerita yang diangkat adalah cerita yang dialami, yang related dengan kehidupan sehari-hari, dan entah mengapa setelah membaca itu saya menjadi wah ini berarti saya harus pengin juga nih menjadi seperti ibu Torey Hayden, memberikan manfaat untuk lingkungannya dengan cara mengajar anak-anak spesial ini,” tutur Ade.

Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab pernah berkata, “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta!” Ade Putri Sarwendah menemukan buku yang menggerakkan kemauan pada “Sheila” karangan Torey Hayden. Buku apakah yang menumbuhkan karsa (kemauan) Sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan untuk belajar dan berbagi?

Salam Literasi!

Headline

Peran Penting Guru dalam Memimpin di Masa Krisis Covid-19