Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Breaking News

Uji Publik Standar Pelayanan di lingkungan Ditjen GTK

Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-88, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) melaksanakan kegiatan uji publik standar pelayanan di lingkungan Ditjen GTK pada tanggal 28 Oktober 2016 bertempat di Hotel Marbella Suites, Bandung.

Kegiatan uji publik dilakukan terhadap 2 (dua) layanan Ditjen GTK, yang meliputi: Pemberian rekomendasi ijin tenaga kerja asing dan Penilaian, penetapan angka kredit, dan penetapan jabatan fungsional guru bagi guru madya pangkat pembina Tk I Golongan Ruang IV/b ke atas. Para pemangku kepentingan yang terlibat dalam kegiatan uji publik, antara lain: perwakilan dari sekolah nasional, satuan pendidikan kerjasama, lembaga kursus, yayasan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, BKD, Guru, direktorat terkait, dan unit pelaksana teknis di lingkungan Ditjen GTK.

Uji publik menyepakati komponen-komponen standar pelayanan yang terdiri dari:

i) persyaratan pelayanan,

ii) sistem, mekanisme dan prosedur,

iii) jangka waktu penyelesaian,

iv) biaya/tarif,

v) produk pelayanan, dan

vi) penanganan pengaduan, saran, dan masukan.

Kami masih memberikan kesempatan bagi publik untuk memberikan masukan terhadap penyempurnaan standar pelayanan sampai dengan tanggal 9 November 2016 melalui email ke bagian.htk@gmail.com.

Standar pelayanan berdasarkan hasil uji publik sebagaimana terlampir dapat di download di bawah ini :

1. Standar pelayanan pemberian rekomendasi izin tenaga kerja asing

2. Standar pelayanan Penilaian, penetapan angka kredit, dan penetapan Jabatan fungsional guru bagi guru madya pangkat pembina tk i golongan ruang iv/b ke atas

Ditulis oleh Yusna Yurita pada Jumat November 4, 2016
Taut Permanen -

Penyetaraan GBPNS

Pemberian Kesetaraan bagi GBPNS adalah pengakuan terhadap kualifikasi akademik, masa kerja, dan sertifikat pendidik yang dimiliki guru bukan pegawai negeri sipil yang diformulasikan dengan menggunakan angka kredit, jabatan, dan pangkat yang setara dengan angka kredit, jabatan, dan pangkat pada jabatan fungsional guru pegawai negeri sipil


  1. Dasar Hukum
  2. Mekanisme Penyetaraan Jabatan Dan Pangkat GBPNS
  3. Pemanggilan
Info Guru
SIM Pemerataan Guru
SIM EIS
SIM PKG
Pencarian Artikel